Renungan Malam Mingguan (RMM)


Malam ini gw pingin malam mingguan yg gak seperti biasanya. Sekalian mengingat masa kejayaan SMU. Sekarang gw berada di jalan raya,deket pasar tradisional dan juga deket tempat billiard. Seperti biasanya gw mencoba menjadi detektiv conan. Meskipun amatiran tapi gak papa dah...
Hari makin dingin dan suasana jalan raya makin lengang. Namun alunan musik keras terdengar dari tempat billiard. Gw jadi bingung, tuh billiard apa karaoke atau diskotek ya ? Ah kali aja ketiganya.Gw coba cari warnet di deket situ, eh ada yg 24 jam. Asik euy, maen sejam kan lumayan.
Di deket gw ada cowok cewek lagi rangkulan, buka situs-situs yg gak jelas.Ampun dah, mereka cuek banget...gak tau pa disebelahnya tuh...pejuang bla bla bla :)
Malem yg membingungkan, soalnya gw uda lama gak liat pemandangan se-aneh ini. Sejak gabung rohis SMU 2 Solo, jalur hidup gw berubah total.Gak suka banget ama yg namanya dugem. Palagi dunia undercover dan berbagai penyelewengan cinta yg lainnya.
Gw jadi banyak merenung...tuk apa sih hidup ini ?Meski gw dibilang aneh saat itu ma temen2 tapi gw maju terus aja. Asal gw tetep baekan ma mereka kan gak masalah. Ya toh ?
Kembali ke warnet...makin malem makin panas aja suasananya, padahal tuh warnet AC nya distel yg paling dingin. Yah beginilah resiko kalo jadi bujangan, hehehe. Sabar...sabar...
Gw mo gimana ya ? Mo bilang, mo ngelarang, monendang ah kok gak tega ya...buset dah gw kok jadi serba salah gini. Yah lagi-lagi gw ambil cara teraman. Mendoakan !
Gw masih muda...penuh dengan ide yg brilian, tapi sayang ngga ada yg termanfaatkan. Semua mengalir begitu saja tanpa adanya perjuangan.Sampe kapan ya keberanian gw akan muncul ? Ah gw gak tahu. Yg jelas skrg pun sebenernya gw berani. Tapi ya itu, lagi-lagi masalah jer basuki mawa bea. Segala sesuatu pasti butuh dana. :) Sabar...sabar...
Alur pikiran gw yg cenderung melawan mainstream kadang juga bikin orang lain marah-marah.
Gw jadi inget salah seorang tabiin apa sahabat nabiya (gw lupa)...
Bila Beliau mendapatkan temen baru, beliau akan mengundang temennya tuk datang ke rumahnya.Setelah temennya datang, eh malah dilempari dengan batu. Karuan aja bagi orang yg ngga ikhlas dalam bersahabat akan marah-marah.Setelah ditanya mengapa Beliau melakukan hal itu,jawab Beliau yg inti redaksinya adalah sbg berikut...Gw itu ngga punya apa-apa, gw hanya menghendaki temen yg ikhlas dalam bersahabat,bukan yg memenuhi kepalanya dengan kepentingan-kepentingan sesaat. Kalo dia ikhlas, pasti dia ngga akan lari kalo gw lemparin dengan batu. Dia akan datang menemui gw dan menanyakan kondisi gw kali aja gw ada masalah sampe gw ngelempar dia dengan batu...
Hmm...pelajaran yg sungguh aneh. Cari temen yg ikhlas emang sulit banget. Baru dibikin perkara dikit aja dia uda kabur ngga tau kemana. Gw jadi inget waktu gw masih preman dulu...persaudaraan ala preman kok begitu erat ya? Mereka bahkan rela mati kalo ada temennya yg disakiti.Walo dasar pertemanan mereka hanyalah solidaritas antar temen tapi kenapa bisa lebih kuat daripada persaudaraan yg dilandasi dengan persamaan akidah?
Padahal kita uda dapet materi taaruf (kenalan),tafahum (saling memahami), takaful (saling menanggung) sampe yg terakhir adalah itsar(mengutamakan orang lain drpd dirinya sendiri).Gw gak tau kenapa bisa begitu.
Gw jadi inget artikel yg sempet gw baca.Ada orang tertarik dengan dunia dakwah. Tapi setelah berkecimpung di dalamnya dia menemui berbagai perselisihan, perpecahan dan intrik-intrik sengit yg terjadi. Dia akhirnya mundur teratur dari dunia dakwah. Dia memilih berada di "luar" daripada masuk ke dalam. Bukan kenapa-napa seh.Dia cuma ingin menjaga hati.Dia ingin tetap mencintai dakwah karena dengan berada di Luar dia makin cinta, daripada dia masuk kedalam yg ternyata banyak intrik yg bisa bikin sakit ati.
Hanya Allah yg tau kondisi ati masing-masing.
Yg tersinggung jangan sampe tersungging.
Yah biasa-biasa aja dah.
Dimulai dari kita!

1 comments:

Anonymous said...

slm'alaikum,bos gigih.....
ini ane...alepin.alfin
tulisan yang bagus begete.
lumayan buat obat bete,begono...
kip nulis lah. semoga agensi detektif gigih laris manis. dakwah lewat tulisan emg seringkali lebih tepat sasaran. kip smile! kip spirit! kip fight in dakwah!